/Badawang Rancaekek, Pertunjukan Boneka Besar Khas Sunda
Badawang Rancaekek

Badawang Rancaekek, Pertunjukan Boneka Besar Khas Sunda

Badawang Rancaekek, termasuk salah satu seni pertunjukan yang biasanya dipentaskan di panggung maupun helaran atau iring-iringan di jalan maupun lapangan terbuka.

Seni pertunjukan berupa boneka besar berbentuk tokoh pewayangan seperti Semar, Cepot, dan lain-lain, yang pemainnya masuk ke dalam badawang, sehingga badawang bisa bergerak ataupun diarak keliling tempat pertunjukan.

Rancaekek asal seni ini

Pertunjukan ini sering ditemukan pada acara pernikahan, khitanan, maupun hari jadi suatu wilayah ini, sesuai  dengan namanya yaitu Rancaekek, memang  berasal dari Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Dalam pergelarannya, badawang diiringi oleh musik tradisional maupun masa kini, sinden, dan dalang. Untuk pertunjukan di atas panggung, biasanya seni ini memiliki alur cerita yang disampaikan dalang dan dimainkan oleh badawang.

Cerita yang dipentaskan mengandung makna dan nilai dalam kehidupan atau disesuaikan dengan keinginan pemilik hajat.

Sampai saat ini, pertunjukan Badawang Rancaekek masih sering dipentaskan di daerah asalnya yaitu di Kawasan Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung.

Selain itu, di Kecamatan Rancaekek masih ada beberapa sanggar seni sebagai tempat latihan dan melestarikan seni boneka besar ini.

Sanggar seni ini sering kali menjadi perwakilan dari Kecamatan Rancaekek atau Kabupaten Bandung mengikuti berbagai perlombaan seni tradisional. Untuk tingkat Provinsi Jawa Barat maupun nasional.

Sekilas Badawang Rancaekek mirip dengan seni tradisional khas Betawi yaitu Ondel-ondel, yaitu sama-sama menggunakan boneka besar.

Bedanya Ondel-ondel menggambarkan tokoh laki-laki dan perempuan sementara Badawang Rancaekek lebih kepada tokoh pewayangan seperti semar dan keluarganya. (*/ Golali.id)