/Apa itu Telur Rebus ?

Apa itu Telur Rebus ?

Telur rebus adalah salah satu cara pengolahan dan pemasakan telur yang paling sederhana. Proses perebusan telur dimulai dengan mencuci telur dengan cara menggosok kulit telur, supaya bersih dari berbagai kotoran.

Lalu rebus air hingga matang, masukkan telur. Rebus telur sekitar 30 menit, angkat dan tiriskan. Telur yang dimasak dengan cara direbus antara lain telur ayam, telur itik, dan telur puyuh.

Telur rebus, memiliki tekstur yang kenyal pada bagian putihnya dan lembut pada bagian kuning telurnya. Telur rebus, memiliki rasa tawar untuk bagian putih telur dan gurih pada bagian kuning telur.

Telur rebus bisa dikonsumsi langsung, untuk sarapan atau makan pagi, juga di sela-sela lapar.

Olahan telur rebus

Dalam masyarakat Sunda, telur rebus sering dijadikan isian atau lauk dalam idangan (nasi berkat dalam bahasa Sunda) untuk acara syukuran maupun peringatan orang yang meninggal dunia.

Selain itu, telur rebus pun menjadi salah satu sajian untuk konsumsi pendonor darah dalam acara donor darah. Juga makanan yang diberikan kepada balita dalam kegiatan imunisasi di Posyandu di tingkat RT.

Telur rebus pun menjadi bahan utama, untuk berbagai olahan seperti semur, kari, laksa, campuran soto, topping maupun pelengkap bubur ayam, dan lain-lain. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

TAGS: