/Apa Itu Pangyam ?

Apa Itu Pangyam ?

Pangyam adalah sajian dengan bahan utama mi atau mie, ayam, dan kulit pangsit goreng. Sekilas Pangyam sangat mirip dengan mie ayam.

Hal yang membedakan pangyam dan mie ayam yaitu penggunaan kulit pangsit goreng yang lebih banyak, tidak hanya satu kulit pangsit tetapi bisa lebih dari dua kulit pangsit.

Di mana kulit pangsit goreng yang berukuran kotak sekitar 3 centimeter x 3 centimeter sebanyak dua lembar, dijadikan pelapis atau alas dalam wadah untuk tempat sajian mie yang diaduk dengan bumbu berupa saus, kecap, minyak ayam bawang, garam, irisan daun seledri, dan penyedap rasa.

Kemudian ditambah daging ayam bumbu kecap ataupun suwiran ayam, potongan sawi hijau yang telah direbus, kemudian potongan kulit pangsit goreng dengan ukuran yang lebih kecil.

Saat menikmati pangyam, pecinta kuliner akan menemukan kriuknya kulit pangsit goreng dengan mi, sawi hijau, dan daging ayam kaya bumbu.

Seporsi pangyam terkadang memiliki beragam pelengkap mulai dari sosis, ceker, ayam teriyaki, bakso, batagor, dan makroni.

Sajian pangyam ini sangat mudah ditemukan di kawasan Bandung, baik yang dijual secara offline berupa warung dan kedai, juga melalui aplikasi marketplace secara online. Harga Pangyam dimulai dari Rp10 ribu per porsi tergantung pada campuran pelengkapnya.(Yatni Setianingsih/Golali.id)