/Apa Itu Besengek Tempe ?

Apa Itu Besengek Tempe ?

Besengek tempe atau tempe besengek atau sengek tempe adalah salah satu kuliner khas Jawa, berbahan dasar tempe.

Cara memasak besengek tempe, yaitu mencampurkan rebusan santan kelapa, bumbu putih, dan tempe. Direbus hingga airnya habis atau sedikit, sehingga menghasilkan rasa tempe yang gurih dan penuh bumbu.

Adapun bumbu putih untuk membuat tempe besengek atau sengek tempe yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar. Ditambah rempah-rempah antara lain serai, laos, dan daun salam. Dalam memasak besengek tempe ditambah gula merah dan garam.

Besengek tempe berwarna putih. Besengek tempe biasanya disantap sebagai lauk untuk teman nasi.

Besengek tempe benguk

Melansir buku Kuliner Yogyakarta, Pantas Dikenang Sepanjang Masa yang ditulis Murdijati Gardjito, dkk (2017: Halaman 447), salah satu besengek tempe yang khas dri Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu besengek tempe benguk yang terbuat dari kacang koro benguk.

Besengek tempe benguk ini tepatnya berasal dari Dusun Nganggrung, Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. besengek tempe benguk berwarna keabu-abuan, sebagai ciri khas dari tempe benguk.

Di daerah ini, besengek tempe benguk yang dikenal juga dengan sebutan besengek Nganggrung biasanya disantap dengan geblek yang baru digoreng ataupun growol. (Yatni Setianingsih/Golali.id)