/Angkot ke Jalan Braga

Angkot ke Jalan Braga

Jalan Braga termasuk salah satu ikon jalan yang ada di Kota Bandung, Untuk sampai di Jalan Braga, wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum.

Salah satu pilihan transportasi umum ke Jalan Braga, yaitu angkot (angkutan kota) .

Angkot ke Jalan Braga

Angkot Gede Bage – Stasiun Hall

Angkot Kebon Kalapa – Sukajadi  

Angkot Sadang Serang – Stasiun Hall

Angkot Dago – Stasiun Hall

Selain angkot dapat juga menggunakan Damri, TMB, dan Trans Metro Pasundan.

Damri ke Jalan Braga

Damri Ledeng – Leuwi Panjang

Damri Cibiru – Leuwi Panjang

Damri Kota Baru Parahyangan – Alun -alun Bandung

TMB ke Jalan Braga

TMB Antapani – Stasiun Hall

TMB Cicaheum – Cibeureum

Trans Metro Pasundan ke Jalan Braga

Trans Metro Pasundan Baleendah – BEC  

Trans Metro Pasundan Dago – Dipati Ukur

Jalan Braga memiliki panjang jalan sekitar 850 meter, membentang dari selatan ke utara. Dari mulai perempatan Jalan Braga – Jalan Asia Afrika ke Jalan Braga – Jalan Perintis Kemerdekaan – Jalan Wastu Kencana.

Jalan Braga berada di 2 kelurahan yaitu :

= Kelurahan Braga

= Kelurahan Babakan Ciamis

Kedua kelurahan tersebut, berada di Kecamatan Sumur Bandung.

Jalan Braga dikenal memiliki pembagian 3 jalan yaitu :

= Jalan Braga Pendek yang membentang dari perempatan Jalan Asia Afrika – Jalan Braga ke perempatan Jalan Naripan – Jalan Braga

= Jalan Braga Panjang yang membentang dari perempatan Jalan Naripan – Jalan Braga ke perempatan Jalan Suniaraja – Jalan Lembong – Jalan Braga

= Jalan Braga yang membentang dari perempatan Jalan Suniaraja – Jalan Lembong – Jalan Braga ke Jalan Braga – Jalan Perintis Kemerdekaan – Jalan Wastu Kencana.

Ikon dari Jalan Braga yaitu berada di Jalan Braga Panjang, yang panjangnya mencapai sekitar 600 meter, saat ini Jalan Braga Panjang dilapisi dengan batu andesit. Jalan Braga Panjang menjadi salah satu jalan yang menjadi tujuan wisata di Kota Bandung.

Di Jalan Braga Panjang terdapat rumah makan dan toko roti yang telah ada sejak masa kolonial Belanda, di Jalan Braga Panjang pun terdapat berbagai bangunan hotel, mall, tempat makan, dan deretan pelukis yang menjadi salah satu ikon Jalan Braga.

Jalan Braga adalah salah satu jalan yang telah hadir di masa Hindia Belanda, di masa itu nama Jalan Braga yaitu Bragaweg. Pada masa Hindia Belanda, Jalan Braga menjadi tempat berbelanja bangsawan Belanda. Sehingga tidak mengherankan jika Jalan Braga dikenal sebagai salah satu kawasan kota tua di Kota Bandung. (Yatni Setianingsih/Golali.id)