/Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodles Hari Ini

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodles Hari Ini

Tepat di hari ulang tahunnya yang ke-86 tahun, almarhumah Aminah Cendrakasih dijadikan google doodle hari ini, Senin 29 Januari 2024.

Mengutip google, Aminah Cendrakasih lahir dari seorang ibu artis bernama Wolly Sutinah atau Mak Wok dan ayah komedian. Menginjak usia remaja, Aminah Cendrakasih mengikuti jejak orang tuanya untuk berkarir di dunia hiburan.

Pada tahun 1955, Aminah memulai kariernya di dunia seni peran dalam Film Oh, Ibuku. Pada tahun yang sama, ia berakting bersama ibunya sendiri di Gambang dari Semarang. Mendapatkan peran utama pertamanya dalam Ibu dan Putri.

Penampilan karismatiknya dalam Serampang 12, sebuah film tari populer yang berpusat pada kisah cinta dewasa, memikat penonton di seluruh Indonesia. Ketenarannya meroket setelahnya. Selama beberapa dekade berikutnya, Aminah Cendrakasih mendapatkan lebih dari 100 peran dalam acara dan film terkenal seperti Taman Harapan dan Si Doel Anak Sekolahan. Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada tanggal 21 Desember 2022. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : instagram @sidoelanaksekolahan