/Album Kelahiran Kala Nanti, Rangkum Perjalanan 30 Tahun Tradeto

Album Kelahiran Kala Nanti, Rangkum Perjalanan 30 Tahun Tradeto

Tradeto sebagai proyek solo dari seorang Dias Widjajanto, melepas album berjudul Kelahiran Kala Nanti pada tanggal 15 Maret 2023.

Dalam album ini terdiri dari 10 lagu. 3 lagu sudah dirilis terlebih dahulu  yakni “Tentang Masa Depan / Satu Dua Langkah” (Agustus 2021), “Hari Lahir” (Januari 2023), dan “Selisih” (Februari 2023). 7 lagu lainnya mulai dirilis antara lain  “Amanat & Teguran”, “Sang Maha Pemaksa”, hingga “Kembali ‘Tuk Mencinta”.

10 Track List Album Kelahiran Kala Nanti :

Dewi Pertiwi

Amanat & Teguran

Meninggi

Berbunga

Selisih feat. Reruntuh

Tentang Masa Depan / Satu Dua Langkah

SatuSatu

Kembali Tuk Mencinta

Hari Lahir

Sang Maha Pemaksa

Album Kelahiran Kala Nanti merangkum perjalanan seorang Tradeto menuju usia 30 tahun. Makna akan bertambahnya (atau berkurangnya) usia, pertanyaan-pertanyaan yang belum sempat terjawab, hingga dinamika dunia kerja di usia dewasa menjadi beberapa di antaranya.

“Album ini bercerita tentang perjalanan kehidupan hampir 30 tahun ini. Dari momen terlahir, menjadi anak paling tua kesayangan, mencari kerja, berselisih dengan diri sendiri, naik turun karier dan kehidupan personal, sampai berujung mencari jawaban dari Tuhan,” beber Tradeto dalam siaran pers yang diterima Golali.id.

“Hal nomor satu yang saya pelajari adalah bahwa semuanya tidak bisa dikerjakan sendiri. Dalam pengerjaan album ini saya belajar itu, karena independen dan jadinya banyak yang dikerjakan sendiri, namun baru di sini saya mencari banyak bantuan. Dari managerial, desain grafis, hingga distribusi. Di luar dari itu, hal paling besar yang saya pelajari ya diri saya sendiri. Untuk menulis sekian lagu berdasarkan diri sendiri itu bukanlah hal yang mudah, apalagi yang diceritakan tidak semuanya hal baik, namun lebih menjadi penyemangat diri sendiri,” cerita Tradeto.

Proses pembuatan album ini, Tradeto dibantu Eky Rizkani (Reruntuh) sebagai kolaborator di nomor “Selisih”, Baskara Putra alias Hindia di nomor “Tentang Masa Depan / Satu Dua Langkah”, hingga Johanes Abi yang dipercaya sebagai recording engineer. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : istimewa

TAGS: