/Alasan Pemilihan Bandung untuk Lokasi Universitas Australia dan Inggris

Alasan Pemilihan Bandung untuk Lokasi Universitas Australia dan Inggris

Pro Vice Chancellor Deakin University, John Molony,  menuturkan bahwa pemilihan Jawa Barat sebagai tempat mendirikan kampus internasional karena Jabar menjadi lokomotif ekonomi di Indonesia.

“Jadi Deakin dan Lancaster sudah bekerja cukup lama. Kami melakukan pencarian secara global saat memutuskan untuk membangun kampus internasional. Semua (hasil) mengarah ke Indonesia dan dengan segera mengarah ke Bandung. Kami menyadari bahwa di Indonesia, Bandung ada di provinsi yang besar, Jawa Barat, yang merupakan roda ekonomi di Indonesia,” ungkap John di Bali, Senin 14 November 2022.

John juga mengatakan bahwa Bandung terkenal sebagai kota pelajar, dan seringkali menghasilkan SDM yang berkualitas. Hal itu beririsan dengan Universitas Deakin dan Lancaster yang merupakan wadah pendidikan terbaik di dunia. Harapannya, bisa menghadirkan lulusan level internasional.

“Bandung juga dikenal sebagai kota pelajar yang hebat. Kami berdua (Deakin dan Lancaster) adalah universitas dunia jadi kami ingin menghadirkan level global untuk Bandung. Kami juga merupakan universitas yang fokus kepada penelitian, kami ingin menghadirkan kelas riset taraf dunia untuk Bandung, Jawa Barat, dan Indonesia,” ujarnya.

Ia pun berkomitmen akan menghadirkan pengalaman belajar dengan kualitas internasional yang menghadirkan program akademi untuk undergraduate students agar dimudahkan mencari pekerjaan.

“Terakhir, kami juga ingin membawa pengalaman belajar yang luar biasa. Kami akan membawa program akademi untuk undergraduate students yang bisa membuat mereka siap untuk mencari pekerjaan. Kami berkomitmen untuk itu, dari dua universitas di U.K dan Australia yang punya reputasi baik. Kami sudah punya penghargaan dari dulu. Kami sangat anggap serius kerja sama ini, agar program akademi dan pengalaman belajar yang hebat bisa dihadirkan di Bandung,” terang John. 

Pro Vice Chancellor Lancaster University, Simon Guy  mengatakan kerja sama yang dilakukan di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia. Apalagi, menurutnya universitas yang ada di Kota Bandung sudah sistematis dalam manajemen pendidikan.

“Betul semua yang dikatakan John. Kami bekerja keras dalam program ini. Saya pikir ini sangat penting bagi kami dan banyak sekali yang bertanya mengapa Bandung? Salah satunya, sejujurnya karena Bandung sudah punya sistem universitas yang mapan dan itu menarik bagi kami,” sebutnya.

“Ini adalah awal perjalanan, kami berharap ada ikatan yang baik (dengan Deakin dan Lancaster) dalam kolaborasi ini. Kami juga berharap dalam kerja sama ini, sebagai universitas berpengalaman dengan reputasi dunia, kami bisa membawa sesuatu bagi universitas di Bandung sekaligus membantu pemerintah untuk meningkatkan SDM,” tambahnya. (Humas Pemprov Jabar/Golali.id)

Foto : Humas Pemkot Bandung