/Aktivitas Sesar Cileunyi-Tanjungsari Diduga Jadi Pemicu Gempa Sumedang

Aktivitas Sesar Cileunyi-Tanjungsari Diduga Jadi Pemicu Gempa Sumedang

Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Irwan Meilano, S.T., M.Sc., membenarkan jika perkiraan gempa Sumedang akibat aktivitas Sesar Cileunyi – Tanjungsari seperti yang dipublikasikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Badan Geologi (PVMBG).

“Saya setuju dengan apa yang telah disampaikan oleh Badan Geologi. Kemungkinan ada sumber gempa di sana, yakni aktivitas dari Sesar Cileunyi-Tanjungsari. Namun, masih perlu dicari untuk detailnya. Baik parameter sumber gempanya, panjangnya, tingkat aktivitasnya, maksimum magnitudonya, serta lain sebagainya,” beber Irwan dikutip dari siaran pers Humas ITB, yang diterima Golali.id Selasa 2 Januari 2024.

Untuk itu, ITB bersama beberapa lembaga yang tergabung dalam Pusat Studi Gempa Nasional (Pusgen) akan mencari parameter dari sumber-sumber gempa baru, untuk mengidentifikasi lebih detail mengenai gempa yang terjadi di Sumedang.

“Belajar dari gempa yang terjadi di Sumedang, kami akan mencari parameter yang lebih detail. Kemungkinan nanti akan dimasukkan ke dalam sumber-sumber gempa baru yang terjadi di Indonesia,” imbuhnya. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : twitter @infoBMKG