/Agenda Aksi Payung Aspirasi di Jabar, Ini Lokasi dan Waktunya

Agenda Aksi Payung Aspirasi di Jabar, Ini Lokasi dan Waktunya

Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Jabar akan menggelar Aksi Payung Aspirasi pada 8 Agustus 2022 pukul 07.00 – 10.00 WIB, di Kiara Artha Park Kota Bandung. Kegiatan ini merupakan bagian dari Pekan Menyusui Dunia (PMD) yang berlangsung pada tanggal 1-7 Agustus.

Tahun ini, PMD mengambil tema “Berperan Lebih untuk Menyusui: Mendukung & Mengedukasi” dan berfokus pada penguatan kapasitas aktor yang harus melindungi, mempromosikan, dan mendukung pemberian ASI di berbagai lapisan masyarakat.

Aksi yang rencanya dimulai pada pukul 07.00 WIB. Peserta akan melakukan jalan keliling Kiara Artha sambil membawa payung putih serta membagikan kipas yang berisi informASI edukatif tentang menyusui. Acara dilanjutkan dengan rangkaian penulisan aspirASi warga terhadap pentingnya dukungan menyusui pada payung putih serta edukasi dan konseling. Selain di Bandung, kegiatan serupa juga dilaksanakan serentak oleh AIMI di daerah lain di Indonesia.

“Aksi ini digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penyediaan dukungan dan edukasi bagi tercapainya kesuksesan menyusui. Setiap orang dapat berperan sebagai aktor dalam melindungi, mempromosikan, dan mendukung pemberian ASI di berbagai lapisan masyarakat,” ujar Ketua AIMI Jawa Barat, Mawar Pohan dalam rilis resmi yang diterima Golali.id.

“Semua aktor ini akan membentuk rantai dukungan berkelanjutan untuk menyusui (Warm Chain). Peningkatan kapasitas setiap aktor terkait pemberian ASI melalui pendidikan dan transformasi sistem yang ada akan membantu memastikan fasilitas kesehatan, yang ramah menyusui, komunitas dan tempat kerja yang mendukung menyusui , didukung oleh kebijakan nasional berbasis bukti,” imbuh Mawar.

Dalam aksi ini, AIMI Jabar bersama berbagai komunitas seperti Bandung Babywearers dan Mamahs Bandung, untuk berpartisipasi mengampanyekan pentingnya dukungan untuk menyukseskan program pemberian ASI eksklusif sebagaimana diatur dalam UU No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Baca juga :  Rute Bus Sekolah Antapani - Ledeng