/Abon Adalah

Abon Adalah

Abon adalah salah satu olahan daging hewani maupun nabati, yang dimasak dengan cara direbus, kemudian disuwir-suwir, ditumis bersama bumbu, kemudian digoreng, dan dipres (ditekan dengan alat tertentu) untuk menghilangkan kadar lemak dan minyak gorengnya sehingga abon dapat bertahan lama dengan cara disimpan dalam kemasan kedap udara.

Abon adalah salah satu kuliner khas Indonesia, yang memiliki ciri khas berwarna cokelat tanah, bertekstur lembut dan mirip kapas. Abon biasanya dimakan sebagai topping berbagai makanan seperti nasi kuning, bubur ayam, surabi, maupun dimakan langsung bersama nasi. Selain itu, abon pun sering menjadi isian untuk lemper.

Daging yang digunakan untuk membuat abon yang berasal dari protein hewani yaitu sapi, ayam, dan ikan. Sedangkan abon yang terbuat dari protein nabati seperti gebog (batang) pisang.

Abon memiliki cita rasa yang manis gurih, karena berasal dari campuran berbagai rempah dan daging dari bahan abon. Saat ini abon banyak diproduksi UMKM maupun perusahaan besar. (Yatni Setianingsih/Golali.id)