/95 UMKM Ikut IDE Roadshow Bandung dari IOH

95 UMKM Ikut IDE Roadshow Bandung dari IOH

Sebanyak 95 pelaku UMKM Bandung dari berbagai bidang usaha mulai dari makanan, fashion, kerajinan tangan, jasa kreatif digital, properti, hingga start up, mengikuti IDE Roadshow Bandung di Hotel Holiday Inn, Kota Bandung  Provinsi Jabar, Kamis 17 November 2022.

IDE Roadshow Bandung diselenggaran Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui Indosat Business, acara IDE Roadshow sebagai bagian dari pengimplimentasian dari telah diluncurkannya platform digital untuk bisnis UMKM  bernama Indosat Digital Ecosystem (IDE) pada pertengahan Oktober 2022.

IDE Roadshow di Bandung ini, merupakan pembuka dari rangkaian kegiatan diberbagai daerah berupa seminar yang menghadirkan pembicara perwakilan dari IOH dan pelaku bisnis.

Tema yang diangkat dalam IDE Roadshow Bandung yaitu “Bisnis Lokal Juga Bisa Jadi  Lebih Besar”, dengan pembicara antara lain :

1.Founder Maicih Indonesia, Reza Nurhilman sebagai Business Coach

2.SVP-Head of B2B SMB IOH, Widirianto Hendro Trilaksono

3.VP-Product Owner SMB IOH, Pravityo Yuliandika

4.Enterpreneur & Owner De Ranch & Floating Market Lembang, Perry Tristianto

“Platform IDE lahir dengan semangat agar para pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya lewat proses digitalisasi yang solusinya sudah kami siapkan di beberapa fitur IDE untuk menjawab masalah di skala ekonomi apapun, termasuk bagi pengusaha mikro,” kata SVP-Head of B2B SMB IOH, Widirianto Hendro Trilaksono dalam siaran pers yang diterima Golali.id.

Bisnis di era digital

Sementara, Founder Maicih Indonesia, Reza Nurhilman yang menjadi  Business Coach mengatakan, UMKM menjadi pilar penting bagi perekonomian nasional dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07 persen atau senilai Rp8,5 triliun dan mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja di tanah air.

“Covid-19 telah mengubah pola konsumsi barang dan jasa dari offline ke online, yang memaksa kita harus segera beradaptasi melakukan transformasi digital. Kini pelaku UMKM tidak hanya bersaing secara offline, namun juga harus gencar merancang strategi yang tepat di media online agar bisa memenangkan kompetisi bisnis, di mana data seperti tren kebutuhan konsumen menjadi kunci utama,” ujarnya.

Baca juga :  UMKM Mau Ikut Pengadaan Barang Jasa Pemkot Bandung? Begini Syaratnya

Hal yang sama diakui Owner De Ranch & Floating Market Lembang, Perry Tristianto untuk menghadapi tantangan bisnis di era digital.  

“Saat ini saya menjalankan 27 Factory Outlet, dua tempat kuliner, dan beberapa tempat wisata yang tersebar di Bandung. Era digital seperti sekarang membuat saya harus pandai membaca market, trend terkini, demand vs supply gap, sampai tools untuk mempermudah operasional yang tujuannya adalah agar kita tetap relevan dengan kebutuhan pasar. Fitur-fitur pada platform IDE sejauh ini sudah membantu saya menjalankan bisnis dengan lebih. baik, karena saya mendapat hyperlocal-insight, literasi digital, dan pasar untuk mengakses produk teknologi dalam satu platform,” terangnya. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Indosat Ooredoo Hutchison

Keterangan foto : (Dari kiri ke kanan) SVP-Head Of B2B SMB IOH, Widirianto Hendro Trilaksono, Entrepreneur Perry Tristianto, Founder Maicih Indonesia Reza Nurhilman, VP-Product Owner SMB IOH Pravityo Yuliandika, dan VP-B2B Digital Engagement M. Amar Ma’ruf usai seminar bisnis Indosat Digital Ecosystem (IDE) bertajuk “Bisnis Lokal Juga Bisa Jadi Lebih Besar” di Bandung, Kamis 17 November 2022.