/722 Produk Kerajinan Ada di Inacraft 2022

722 Produk Kerajinan Ada di Inacraft 2022

International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2022 mengusung tema “Smiling Heritage of West Java; From Smart Village to Global Market”. Inacraft 2022 dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Rabu 23 Maret 2022.

“International Handicraft Trade Fair, Inacraft 2022 secara resmi saya buka,” ucap Jokowi ditandai dengan pemukulan Kohkol dan Kolotok yang diiringi gamelan Sunda dalam rilis HUMAS PEMPROV JABAR.

Ini merupakan simbol bahwa dalam pameran terbesar se-Asia Tenggara ini, Provinsi Jawa Barat secara khusus menjadi ikon dengan mengusung potensi seni dan budaya ekonomi kreatif, utamanya sektor kerajinan dan pariwisata.

Ikon Jabar ini juga terlihat dengan kehadiran Paviliun besar di pintu utama dengan menampilkan 335 produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Jabar yang berorientasi ekspor. Secara keseluruhan, Inacraft 2022 kental dengan nuansa kejawabaratan.

Usai membuka Inacraft 2022, Presiden Jokowi kemudian mengunjungi beberapa stan pameran dan Paviliun Jabar menjadi yang pertama dikunjungi.

“Ini menampilkan produk kerajinan berkualitas hasil kreasi para perajin kita,” ujar Jokowi.

Jokowi mengajak masyarakat untuk datang ke Inacraft 2022 sebagai bentuk dukungan terhadap produk dalam negeri.

Masuk gratis ke Inacraft 2022

Adapun Inacraft 2022 akan berlangsung hingga 27 Maret 2022. Pengunjung masuk arena pameran tanpa dipungut biaya.

Di Inacraft 2022 tak hanya pameran produk, melainkan juga menghadirkan craft forum webinar, talkshow craftpreneurs, online workshop, business matching, Inacraft and Emerging Award, serta beragam acara menarik lainnya.

“Saya mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk dalam negeri, utamanya produk kerajinan yang akan memajukan UMKM kita,” tutur Jokowi.  

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku bangga Jabar diberi kehormatan menjadi ikon Inacraft 2022. Apalagi paviliunnya dikunjungi pertama oleh Presiden.

Baca juga :  Manis Renyah Pisang Molen khas Bandung

“Jabar diberi kehormatan sebagai ikon pameran, maka paviliunnya besar dan dikunjungi pertama oleh Pak Presiden,” kata Ridwan Kamil.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil memastikan, produk yang Jabar pamerkan di ajang ini 90 persen adalah produk UMKM yang sudah diekspor ke mancanegara. Maka tak heran produknya sudah jadi incaran pasar dunia karena kualitasnya.

“Jadi kualitasnya keren dan disukai dunia. Ini menandakan ekonomi kreatif kita tak hanya jago lokal, tapi juga internasional,” ujar Kang Emil. (*/Golali.id)

Foto : Humas Pemprov Jabar