/6 Keunikan Alun-alun Kota Bogor yang Wajib Dikunjungi
Alun-alun Bogor

6 Keunikan Alun-alun Kota Bogor yang Wajib Dikunjungi

Kota Bogor secara resmi kini memiliki alun-alun sejak Jumat 17 Desember 2021. Peresmian dilakukan langsung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya.  

Alun-alun Kota Bogor terletak di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah. Sebelumnya, tempat ini merupakan bekas Taman Topi, yang kemudian diubah menjadi alun-alun. Lokasi Alun-alun Kota Bogor tepat berada di sebelah timur Stasiun Kereta Api Bogor.

Jika datang ke kota hujan ini, jadikan Alun-alun Kota Bogor sebagai salah satu pilihan wajib untuk wisata.

Berikut berbagai keunikan dari Alun-alun Kota Bogor :

  1. Alun-alun ini berada di sekitaran Stasiun Kereta Api Bogor yang usianya sudah 140 tahun.

Nantinya, alun-alun eks Taman Topi akan terintegrasi dengan pintu timur Stasiun Kereta Api Bogor yang usianya sudah 140 tahun.

Integrasi ini menjadi menjadikan Alun-alun Kota Bogor memiliki nilai sejarah awal mulanya peradaban di Kota Bogor yang dulunya bernama Buitenzorg pada masa kolonial tahun 1745-1808.

“Kenapa sangat istimewa? Karena punya dimensi sejarah yang tidak semua kabupaten/kota di Jabar miliki, yaitu menempel dengan stasiun yang usianya 140 tahun dan akan ada masjid agung,” kata Kang Emil.

2. Memiliki jogging track

Sehingga pengunjung bisa berolahraga lari di lokasi ini

3. Lintasan sepeda

Selain lari, untuk penghobi olahraga khususnya sepeda di Alun-alun Kota Bogor pun bisa keliling menggunakan sepeda

4. Alat olahraga

Untuk yang suka olahraga fitness di ruangan terbuka, di Alun-alun Kota Bogor tersedia berbagai pilihan alat untuk fitness

5. Tempat bermain anak

Untuk pengunjung anak-anak tersedia fasilitas wahana bermain anak, seperti perosotan.

6.Suasana asri

Seperti sudah dikenal selama ini, Kota Bogor sebagai salah satu tempat yang nyaman untuk bersantai karena suasanya yang asri. Di Alun-alun Kota Bogor pun pengunjung akan mendapatkan pengalaman tersebut, dengan banyaknya pohon peneduh dan mata yang akan dimanjakan dengan warna-warni tanaman.

“Ciri kota yang baik adalah yang warganya sering nongkrong di taman-taman, di ruang publik. Ini  menandakan kotanya aman dan nyaman,” terang Kang Emil. (*/Golali.id)

Foto-foto : Humas Pemprov Jabar