/53 Ribu Rumah Terdampak Gempa Cianjur

53 Ribu Rumah Terdampak Gempa Cianjur

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan total rumah warga yang rusak terdampak gempa Cianjur lebih dari 53.000 unit. Sesuai dengan perintah Presiden penyaluran bantuan renovasi rumah harus dipercepat.

“8.000 sudah terverifikasi dan rekening dipersiapkan, dengan total rumah yang rusak 53.000 lebih,” sebutnya, Kamis 8 Desember 2022.

Wilayah yang paling banyak terdampak kerusakan rumah berada di Kecamatan Cugenang.

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, kemungkinan warga di daerah tersebut akan direlokasi ke tempat yang sudah disediakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Yang paling banyak rusak berat itu di wilayah Cugenang, maka kemungkinan sedang disosialisasikan tidak mendapatkan itu (bantuan dana renovasi), tapi dipindah ke lokasi yang sudah ditentukan, dan itu butuh waktu untuk meyakinkan,” ungkap Kang Emil.

Kondisi warga Cianjur yang terdampak gempa sejauh ini relatif lebih baik. Kang Emil menyebut, trauma healing yang dilakukan di berbagai tempat sangat membantu memulihkan kondisi mental terutama anak-anak.

“Keadaan warga relatif lebih baik, trauma healing sudah dilakukan di mana-mana, saya monitor di daerah pelosok anak-anak relatif terjaga mentalnya,” ujarnya. (Humas Pemprov Jabar/Golali.id)

Foto : Humas Pemprov Jabar