/5 Tips Pilih Peralatan untuk Bermusik ala Barsena Bestandhi

5 Tips Pilih Peralatan untuk Bermusik ala Barsena Bestandhi

Untuk menghasilkan karya musik yang berkualitas, selain ide perlu juga berbagai peralatan yang mumpuni, berikut tips dari musisi Barsena Bestandhi dalam memilih peralatan untuk berkarya dikutip dari rilis SHOPEE:

1.Buat suaramu agar terdengar lebih jernih dengan mic condenser & pop filter

Dalam membuat karya atau konten musik khususnya ketika kamu melakukan cover lagu dan bernyanyi, suaramu tentu menjadi pusat perhatian para pendengar. Kamu bisa menggunakan mic condenser untuk memastikan suara vokal atau instrumen live dapat terekam dengan lebih jernih dan layak untuk kemudian bisa diproses lebih lanjut. Jangan lupa, kamu juga bisa meletakkan pop filter di dekat microphone untuk menyaring suara desisan atau angin yang timbul saat kamu bernyanyi.

2.Gunakan earphone atau headphone untuk membantu mendengar iringan musik

Selama melakukan rekaman, kamu juga perlu mendengarkan iringan musik agar suaramu tetap selaras dengan ketukan dan iringan lagu. Kamu bisa menggunakan earphone atau headphone karena selain untuk membantumu memonitor suara saat rekaman, penggunaan earphone atau headphone juga bisa membantumu lebih fokus dan terhindar dari gangguan suara di luar.

3.Gunakan kamera atau handphone untuk merekam video

Selain suara dan iringan musik, kamu juga bisa menampilkan wajahmu saat bernyanyi atau menggunakan gambar dan video lainnya yang cocok dengan lagu yang sedang kamu bawakan. Untuk merekam video yang akan disinkronisasikan dengan audio, kamu bisa menggunakan kamera yang kamu miliki.

Tidak harus mahal, kamera handphone pun juga bisa banget kamu gunakan untuk mulai berkarya di rumah dan menghasilkan berbagai konten musik yang bisa membantu mengembangkan talenta yang kamu miliki!

4.Pastikan kamu mendapatkan cahaya yang cukup

Agar konten video musikmu menarik dan disukai, kamu juga perlu memperhatikan tampilan visual dari hasil karyamu. Tampilan visual yang menarik bisa didukung oleh berbagai aspek, salah satunya adalah pencahayaan yang maksimal sehingga wajahmu dapat jelas terlihat.

Baca juga :  Perjalanan Musisi Badrus Zeman dalam Belantika Musik

Untuk menunjang lighting dan memaksimalkan ambience ruangan, kamu bisa menggunakan ring light. Saat ini ragam jenis ring light sudah banyak tersedia, mulai dari ring light yang bisa kamu atur ukuran tingginya hingga intensitas dan jenis pencahayaan sesuai dengan yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa menuangkan kreativitasmu dengan mengedit video agar tampilan visualnya menjadi semakin menarik untuk ditonton.

5.Cek hasil rekaman dengan menggunakan speaker

Setelah melalui proses rekaman dan mengedit, kamu perlu memeriksa kualitas dari hasil karyamu. Kamu bisa menggunakan speaker untuk mendengarkan hasil akhir keseluruhan untuk memastikan audio terdefinisi dengan baik dan video musikmu sudah sesuai dengan yang kamu harapkan. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Shopee

TAGS: