/4 Prodi Magister Unpad Terapkan Rekognisi Pembelajaran Lampau

4 Prodi Magister Unpad Terapkan Rekognisi Pembelajaran Lampau

Unpad meluncurkan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), sebagai bagian dari jalur penerimaan mahasiswa baru Magister. Tahun ini ada empat program studi Magister yang menyediakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau.

1.Ilmu Kesehatan Masyarakat (daya tampung 40 orang),

2.Ilmu Pemerintahan (daya tampung 30 orang),

3.Kesejahteraan Sosial (daya tampung 10 orang),

4.Akuntansi (daya tampung 15 orang).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., SpM(K), M.Kes., PhD. menjelaskan program Rekognisi Pembelajaran Lampau dibuka untuk memfasilitasi para ahli atau praktisi yang memiliki kemampuan tetapi belum ada pengakuan dari lembaga pendidikan formal. Diharapkan, para lulusan dapat turut berkontribusi dalam kemajuan bangsa dan negara.

“Program RPL ini merupakan salah satu bentuk bagaimana kita dapat melakukan suatu perluasan akses bagi masyarakat agar mendapat pengakuan terhadap keilmuan yang ia dapatkan walaupun itu tidak semua didapatkan dari proses pendidikan,” kata Prof. Arief dikutip dari website Unpad, Jumat 7 Juli 2023.

Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad, Mohamad Fahmi, S.E., M.T., Ph.D. mengatakan program RPL akan memberikan sejumlah manfaat bagi masyarakat. Program ini akan memberikan pengakuan pengalaman belajar sebelumnya yang didapat melalui pengalaman kerja, pendidikan non-formal, atau pendidikan informal.

Selain itu, pembelajaran juga akan lebih relevan dengan masyarakat, sehingga mendorong pembentukan jaringan kerja sama dengan industri. Program ini juga dapat memfasilitasi akses ke pendidikan lanjutan atau yang lebih tinggi.

Fahmi juga menilai program ini lebih hemat waktu dan biaya, peserta tidak perlu mengulang pelajaran atau modul yang telah mereka kuasai.

“Banyak pengalaman yang sudah diperoleh ketika bekerja dan ketika kuliah mungkin sudah tidak perlu lagi dipelajari, tinggal beberapa hal saja yang harus dipelajari sehingga bisa hemat waktu dan biaya,” sambung Fahmi.

Sementara itu, Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, M.Sc., PhD. menegaskan bahwa RPL adalah jalur masuk baru program pendidikan Magister di Unpad, dan bukan prodi baru. Magister RPL diselenggarakan oleh program studi-program studi yang telah terakreditasi A. Lebih lanjut Anas mengatakan bahwa proses pendaftaran, persyaratan, dan informasi penting program ini dapat dilakukan melalui website smup.unpad.ac.id.

 “Untuk masalah pendaftaran silakan ke website kami, nanti di situ ada highlight tentang program ini,” imbuh Anas. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Humas Unpad

TAGS: