/4 Kuliner di Bandung yang Memakai Saus Kacang

4 Kuliner di Bandung yang Memakai Saus Kacang

Kuliner di Bandung bervariasi dengan cita rasa yang lezat memikat lidah, baik yang asli dari Bandung maupun dari daerah lain.


Berbagai jenis kuliner di Bandung yang nikmat untuk disantap dan menjadi primadona menggunakan saus kacang.

Berikut beberapa menu makanan tersebut :

  1. Lotek
    Kuliner khas Sunda yang sering disebut salad tradisional Sunda ini, menggunakan saus kacang untuk memberikan cita rasa yang nikmat saat berpadu dengan berbagai jenis sayuran yang khas dari lotek ini.
    Saus kacang dari lotek bukan dengan cara dikucurkan pada sayuran yang yang telah dikukus atau direbus. Melainkan sayuran dimasukkan ke dalam saus kacang yang dibuat dengan cara diulek.
  2. Kupat Tahu Singaparna
    Dalam sepiring kupat tahu terdiri dari, potongan lontong atau kupat (‘leupeut’ dalam bahasa Sunda), potongan tahu kuning goreng, tauge yang diseduh.
    Kemudian bumbu kacang, kecap, taburan bawang merah goreng, dan kerupuk bawang yang membuat rasanya menjadi semakin enak.
    Nah, yang membedakan kupat tahu Singaparna dengan kupat tahu lainnya terdapat pada bumbu kacang.
    Bahan baku dalam pembuatan bumbu kacang ini, tidak hanya melibatkan kacang tanah goreng yang dihaluskan, melainkan ditambah dengan santan kelapa.
    Sehingga rasa gurih tidak hanya tercipta dari kacang tanah yang ditumbuk, juga santan kelapa.
  3. Bakso Tahu
    Bakso tahu terbuat dari tepung terigu, tapioka, daging ikan, bawang putih, merica, dan garam yang dicampur menjadi adonan.
    Kemudian dimasukkan ke dalam potongan tahu atau kulit pangsit, bisa juga dibentuk menjadi bulat seperti bakso dan dimasak dengan cara dikukus.
    Setelah matang, bakso tahu ini dipotong-potong dan diguyur dengan saus kacang dan kecap.
  4. Batagor
    Batagor, kudapan dengan saus kacang ini, menjadi salah satu ikon kuliner dari Kota Bandung. Nama makanan ini berasal dari akronim bakso tahu goreng alias batagor.
    Batagor yang bahan bakunya mirip dengan bakso tahu ini, yaitu tepung terigu, tepung tapioka, ikan tenggiri, tahu, air, serta bumbu.
    Disebut-sebut sebagai pengembangan kuliner dari bakso tahu, yang sama-sama bersaus kacang. (*/Golali.id)