/4 Aspek Gerbang Desa di Jabar

4 Aspek Gerbang Desa di Jabar

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menerangkan, empat aspek penting dalam Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).

Pertama terkait jalan di desa, perlu diupayakan jalan desa yang layak. Kedua adalah listrik desa karena masih ada beberapa daerah yang desanya belum dialiri listrik 100 persen.

“Yang ketiga adalah irigasi perdesaan harus menjadi prioritas karena air dibutuhkan oleh pertanian dan rumah tangga. Dan yang terakhir adalah digitalisasi desa,” papar Pak Uu.

“Insyaallah, kalau empat poin itu dapat dikembangkan, maka anak muda yang sudah memiliki pendidikan tak akan mencari pekerjaan di kota, tapi akan kembali dan memajukan desanya,” sambung Pak Uu.

Pak Uu -sapaan karib Uu Ruzhanul Ulum- menuturkan, Pemda Provinsi Jawa Barat selalu berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa karena desa merupakan ujung tombak dalam pembangunan.

Jika peduli desa berarti peduli kabupaten, peduli kabupaten berarti peduli provinsi, dan peduli provinsi berarti peduli Nusantara.

Oleh karena itu, ujar Pak Uu, Pemda Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa terus beinovasi dan berkolaborasi untuk memajukan desa melalui beberapa program, di antaranya melalui Program Satu Desa Satu Produk, Desa Digital, dan BUMDes.

Menurut Pak Uu, dalam pelaksanaannya melibatkan generasi muda yang mempunyai inovasi, yang mampu memanfaatkan potensi sumber daya alam di desa.

Ketika desa maju, masyarakat sekitar desa akan diberdayakan, sehingga dapat menahan laju urbanisasi. (Humas Pemprov Jabar/Golali.id)

Foto : Humas Pemprov Jabar