/3C untuk Cegah Penipuan Atas Nama Shopee

3C untuk Cegah Penipuan Atas Nama Shopee

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja membagikan tips untuk mencegah penipuan yang mengatasnamakan Shopee.

Belakangan ini marak kasus penipuan yang mengatasnamakan Shopee yang beredar di dunia maya termasuk WhatsApp.

Beberapa penipuan salah satunya modus penipu agar korban melakukan pengunduhan file APK, permintaan kode OTP (one time password) yang bisa menguras informasi dan rekening korban, ajakan menyelesaikan misi untuk mendapatkan keuntungan, hingga iming-iming mendapatkan hadiah dan tawaran pekerjaan.

Mengutip siaran pers yang diterima Golali.id, berikut tips 3C :

1.Cek Pengirimnya: semua informasi resmi dari Shopee hanya dikirim lewat akun WhatsApp Shopee bercentang biru yang sudah terverifikasi termasuk pengumuman pemenang kompetisi yang hanya dilakukan di media sosial resmi Shopee terverifikasi.

2.Chat Customer Service Shopee: jika membutuhkan kepastian atas informasi mencurigakan, pengguna bisa menggunakan fitur Live Chat dengan CS di aplikasi Shopee untuk mengecek kebenaran informasi yang diterima. CS Shopee melayani 24 jam selama 7 hari

3.Cari Tau Modusnya: modus penipuan terus berubah sehingga pengguna bisa mengikuti akun @shopeecare_id di Instagram untuk informasi terbaru tentang penipuan berkedok Shopee agar selalu update dengan modus terbaru.

(Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Shopee

TAGS: