/3 Tepung Berbahan Singkong

3 Tepung Berbahan Singkong

Singkong atau ubi kayu atau ketela pohon, tak hanya diolah langsung menjadi berbagai makanan. Tetapi juga bisa diproses menjadi bahan baku makanan, berupa tepung.

Sedikitnya di Indonesia, singkong telah diolah menjadi 3 jenis tepung.

3 tepung menggunakan bahan baku singkong :

= Tepung kanji atau tepung tapioka

Tepung kanji dikenal pula dengan tepung tapioka atau aci sampeu (dalam bahasa Sunda). Cara pembuatan tepung tapioka dimulai dari pengupasan dan pencucian singkong, kemudian diparut setelah itu diperas dengan tambahan air.

Hasil perasan ini atau pati singkong ini diendapkan, untuk memisahkan air dan pati singkong yang berwarna putih. Setelah itu pati singkong lalu dijemur sampai kering.

Tepung kanji ini biasa digunakan untuk membuat berbagai olahan seperti cireng, cimol, kerupuk, campuran kue pepe atau lapis, dan lain-lain.

= Tepung gaplek

Tepung gaplek diawali dengan pengupasan dan pencucian singkong, kemudian dipotong kecil-kecil lalu dijemur hingga kering, selanjutnya ditumbuk atau dihaluskan. Tepung gaplek biasa dipakai untuk membuat ciwel (jiwel) dan lain-lain.

= Tepung mocaf

Mengutip siaran pers dari ITB, proses pembuatan tepung mocaf dimulai dengan mengupas singkong, lalu singkong dicuci dan diparut. Kemudian ditambahkan air dan starter. Dilakukan fermentasi selama 24 jam. Singkong hasil fermentasi dikeringkan dan terakhir dilakukan penggilingan.

Tepung mocaf pun sering digunakan untuk bahan baku berbagai kue tradisional maupun modern. (Yatni Setianingsih/Golali.id)