/3 Rekomendasi Olahan Kuliner Idul Adha
Rumah Makan Sate Iting Situraja

3 Rekomendasi Olahan Kuliner Idul Adha

Jika Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan kuliner kupat atau ketupat, yang menggunakan wadah terbuat dari daun kelapa muda atau janur. Juga opor ayam, maka untuk kuliner Hari Raya Idul Adha, lebih identik dengan masakan berbahan dasar daging sapi, kambing, kerbau, dan domba yang berasal dari hewan qurban

Adapun rekomendasi kuliner yang dapat dipilih untuk memasak daging qurban pada Hari Raya Idul Adha :

1.Sate

Sate merupakan olahan daging yang dimasak dengan cara dibakar di atas bara api. Sebelum dimasak, daging dipotong berbentuk kotak kemudian ditusuk dengan menggunakan tusuk sate yang biasanya terbuat dari potongan bilah bambu yang bagian depannya dibuat runcing. Sebelum dibakar, sate diberi bumbu rempah yang dihaluskan yaitu garam, bawang putih, dan ketumbar.

Untuk membakar sate, menggunakan arang yang terbuat dari kayu atau batok kelapa. Sate biasanya diberi bumbu kacang tanah atau pun bumbu kecap manis, bawang merah, dan tomat. Adapula yang memberi tambahan acar, berupa campuran potongan mentimun, bawang merah, cabai rawit, dan cuka.

2.Gulai

Selain sate, Anda pun bisa mengolah daging qurban menjadi gulai. Gulai termasuk dalam salah satu jenis kuliner berkuah yang pengolahannya memakai santan kelapa dan anek bumbu rempah.

3.Tongseng

tongseng

Tongseng pun bisa menjadi pilihan untuk mengolah daging qurban. Tongseng merupakan olahan masakan dengan cara ditumis. Tongseng terdiri dari daging dengan potongan kol, yang dimasak dengan aneka rempah. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Baca juga :  Lembut dan Manis Pisang Bolen khas Bandung