/3 Kue Basah Bernama Putu

3 Kue Basah Bernama Putu

Kue basah tradisional Indonesia memiliki beragam nama, mulai dari nagasari sampai dengan putu. Untuk kue basah tradisional dengan menggunakan kata putu, memiliki ragam variasi bahan dan cara memasaknya.

Inilah 3 kue bernama putu :

1) Kue Putu Ayu

Kue Putu Ayu berbahan utama tepung terigu dengan kelapa parut yang dimasak dengan cara dikukus.

Kue Putu Ayu memiliki ciri khas berwarna hijau dengan putih, berbentuk mirip mangkok dan memiliki lubang di bagian tengahnya tetapi tidak sampai ke bawah.

2) Kue Putu Mayang

Kue Putu Mayang terbuat dari campuran tepung beras dengan sedikit tambahan tepung tapioka yang direbus. Lalu dibentuk mirip mi yang memiliki variasi warna hijau, putih, dan merah muda. Kemudian dikukus. Kue Putu Mayang disajikan dengan tambahan kelapa parut atau saus gula merah (kinca)

3) Kue Putu

Kue Putu adalah salah satu kudapan yang termasuk dalam kue basah atau jajan pasar, yang berbahan utama tepung beras dengan isian gula merah dimasak dengan cara dikukus dalam bilah bambu.

Kue Putu disajikan dengan taburan kelapa parut, sajian Kue Putu lebih mirip dengan Awug. Hanya saja bentuk Awug kerucut seperti gunung sedangkan Kue Putu berbentuk tabung.

Itulah 3 kue basah yang memiliki nama Putu. Ketiga kue basah ini sering kali disajikan dalam berbagai acara selamatan maupun untuk sarapan dan kudapan di waktu jeda makan siang dan malam. (Yatni Setianingsih/Golali.id)