/3 Jalur Seleksi Masuk ITB Program Sarjana Reguler

3 Jalur Seleksi Masuk ITB Program Sarjana Reguler

Kepala Subdirektorat Administrasi Penerimaan Mahasiswa Direktorat Pendidikan ITB, Irvan Christiawan, S.T. menjelaskan, untuk masuk program sarjana reguler calon mahasiswa dapat melalui 3 jalur yaitu :

1)Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Proses seleksi jalur SNBP berdasarkan prestasi akademik dari nilai rapor.

Selain itu, prestasi nonakademik juga ditinjau sebagai poin plus, terutama prestasi nasional dan internasional.

Untuk calon mahasiswa yang berminat mendaftar Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) harus menyertakan portofolio seni rupa.

Pada penerimaan jalur SNBP secara prinsipnya seluruh program sekolah baik SMA/SMK/MA/Sederajat diterima.

“Program (jalur SNBP Peminatan) peminatan ini bertujuan untuk mendukung perkembangan ilmu tertentu yang strategis dalam pembangunan Indonesia dan memberikan kesempatan bagi yang memiliki keinginan kuat untuk memilih program studi tertentu,” kata Irvan dalam siaran pers Humas ITB yang diterima Golali.id.

Calon mahasiswa baru ITB dapat memilih 19 program studi peminatan dan 1 fakultas yang telah disediakan. Selain mendaftar melalui laman resmi pendaftaran SNBP, pendaftaran juga dilakukan melalui laman pendaftaran dari ITB.

2)Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

Proses seleksi ini dikelola panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Irvan juga mengatakan peserta yang mengikuti SNBT harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Terdapat perubahan pada UTBK 2023 yang berkaitan dengan pelaksanaan UTBK yang tak lagi terbagi atas kelompok uji saintek dan soshum. Selain itu, materi uji akan berbeda.

3)Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB)

Irvan mengatakan peserta yang ingin mengikuti SM-ITB harus mengikuti UTBK 2023 terlebih dahulu. Selain itu, terdapat persyaratan mengikuti ujian daring dan menyerahkan nilai rapor sejak semester 1 – 6. Khusus pendaftar FSRD, akan diselenggarakan ujian keterampilan seni rupa di ITB.

(Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Humas ITB

TAGS: