/3 Cerita dalam Prangko 100 Tahun Observatorium Bosscha

3 Cerita dalam Prangko 100 Tahun Observatorium Bosscha

Dalam perayaan seabad Observatorium Bosscha, yang berlangsung di Observatorium Bosscha pada Senin 30 Januari 2023, diluncurkan pula Prangko 100 Tahun Observatorium Bosscha.

Prangko 100 Tahun Observatorium Bosscha ini didesain Dosen Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (FSRD ITB) Triyadi Guntur Wiratmo, S.Sn., M.Sn.

Prangko 100 Tahun Observatorium Bosscha terdiri dari 3 keping, yang menggambarkan perjalanan Observatorium Bosscha.

Mengutip siaran pers dari Humas ITB, berikut 3 cerita dalam 3 keping Prangko 100 Tahun Observatorium Bosscha :

1.Keping prangko pertama menghadirkan sosok Bosscha sebagai pendiri dan penyandang dana utama dari bangunan Observatorium serta ada ilustrasi awal konstruksi kubah dari Observatorium Bosscha.

2.Keping kedua bercerita tentang peranan dari Observatorium Bosscha yang sangat signifikan terutama di belahan bumi selatan karena memiliki keunikan berada di khatulistiwa yang bisa melihat ke selatan dan utara.

Posisi inilah yang membuat Observatorium Bosscha memiliki banyak informasi-informasi penting tentang keastronomian dan diinformasikan ke seluruh dunia selama 100 tahun ini. Hal ini divisualisasikan sebagai galaksi bimasakti.

3.Keping ketiga bercerita tentang keeksisan ratusan tahun ke depan. Peran observatorium bosscha akan terus berlangsung sebagai pengembangan keilmuan astronomi dan kemanusiaan.

Diilustrasikan dengan sosok genderless yang mengamati benda langit. Hal ini bermaksud sebagai ilustrasi perenungan akan sosok diri kita masing-masing dan mencoba pahami peran kita di alam semesta. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Humas ITB

TAGS: