/27 Instansi Hadir di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bandung

27 Instansi Hadir di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bandung

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bandung yang berada di Gedong Budaya Soreang tepatnya di lantai 2 dan 3 Munara 99 beralamat di Jalan Al-Fathu Desa Pamekaran Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung, diresmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo disaksikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Bupati Bandung Dadang Supriatna, Rabu 8 Desember 2022.

Mengutip laman bandungkab.go.id, sebanyak 27 instansi telah bergabung untuk memberikan berbagai layanan administrasi yaitu :

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap (DPMPTSP) Kabupaten Bandung

DPMPTSP Provinsi Jawa Barat

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang,

KPP Pratama Majalaya,

Samsat Soreang,

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bandung,

Pengadilan Negeri  (PN) Kabupaten Bandung,

Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Soreang,

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Polresta Bandung

Ikatan Notaris Indonesia (INI)

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung

Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung,

Pengadilan Agama Soreang

Badan Narkotika Nasional (BNN)

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja

Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung,

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) Ketenagakerjaan Bandung,

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Bandung,

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia,

PT Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) Bandung,

Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA),

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda),

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil),

Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Bandung,

Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung.

Adapun jenis layanan yang bisa didapatkan di Mal Pelayanan Publik MPP Kabupaten Bandung  antara lain :

Perijinan usaha berbasis risiko melalui Online Single Submission – Risk Based Approach (OSS RBA),

Layanan non OSS melalui Sistem Samirindu Pasti Bedas,

Layanan perpajakan,

Pembuatan SIM,

Administrasi kependudukan,

Informasi haji,

Konsultasi perusahaan,

Layanan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM),

Dokumen keimigrasian dan layanan publik lainnya.

Untuk mendaftar pelayanan publik di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bandung, warga dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi mobile berbasis android. Jadi masyarakat yang akan meminta pelayanan, cukup mendaftar secara online di mppbdgkab.go.id. tanpa harus antre. Selain itu, ada Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) secara online dan sistem informasi di MPP.

Adapun sarana prasarana yang ada di MPP, meliputi ruangan customer service, ruang tunggu, ruang informasi, ruang rapat, booth pelayanan, layanan mandiri, ruang laktasi, rest room, ATM Center, area bermain anak, ruang pengaduan, dan ruang kerja DPMPTSP.

Kemudsian ada ruang pusat data informasi potensi dan investasi, letaknya di lantai 3 dan anggarannya dialokasikan tahun 2022. Ruang pusat data informasi potensi dan investasi ini, akan memudahkan para investor sehingga tidak akan kesulitan mencari data. Cukup datang ke ruang tersebut dan di sana seluruh kepentingan informasi bisa dipenuhi. (*/Golali.id)

foto : Humas Pemprov Jabar