/2 Terowongan yang Dilewati Jalan Tol Cisumdawu

2 Terowongan yang Dilewati Jalan Tol Cisumdawu

Panjang Jalan Tol Cisumdawu atau Cileunyi – Sumedang – Dawuan yaitu 62 kilometer. Membentang dari Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung sampai Kecamatan Dawuan di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat.

Jalan Tol Cisumdawu diresmikan operasional secara penuh oleh Presiden RI Joko Widodo, di Cisumdawu Twin Tunnel KM 169/200, Kabupaten Sumedang, Selasa 11 Juli 2023.

Proses pembangunan jalan tol yang menghubungkan Cileunyi-Cipali ini memakan waktu 12 tahun pengerjaan. Presiden menyebut pembebasan lahan menjadi kendala lamanya pembangunan Tol Cisumdawu.

“Jalan tol ini menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang ke Tol Cipali supaya kita semua tahu jalan Tol Cisumdawu mulai dibangun tahun 2011, artinya sudah 12 tahun. Memang banyak problem di lapangan, utamanya pembebasan lahan dan kita berada di Terowongan Kembar (Twin Tunnel) yang panjangnya 472 meter,” ungkap Jokowi dikutip dari siaran pers Humas Pemprov Jabar.

“Di seluruh Indonesia tidak ada jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat (di Tol Cisumdawu),” tambahnya. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : Humas Pemprov Jabar