/1,9 Ton Sampah Terkumpul pada Peresmian Masjid Raya Al Jabbar

1,9 Ton Sampah Terkumpul pada Peresmian Masjid Raya Al Jabbar

Dalam menangani sampah pada persemian Masjid Raya Al Jabbar pada Jumat, 30 Desember 2022. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar Jabar bekerja sama dengan Forum Bank Sampah Jawa Barat, DLH Kota Bandung, Bank Sampah Induk Kota Bandung, Yayasan Go Green Kota Cimahi, Green Generation, serta UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

“Pengelolaan sampah dimulai dari menempatkan tempat sampah terpilah di 30 titik di sekeliling Masjid Al Jabbar, pengangkutan sampah ke tempat penampungan, penyisiran serta pemilahan sampah” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar Prima Mayaningtias, di Bandung Senin 2 Januari 2022 dikutip dari siaran pers Humas Pemprov Jabar.

Prima mengatakan pada acara peresmian Masjid  Raya Al Jabbar dilakukan juga edukasi lingkungan terkait sampah kepada para undangan, UMKM, serta masyarakat yang menyaksikan peresmian masjid.

Prima pun menyebutkan total sampah yang dibersihkan dari areal Masjid Al Jabbar sebanyak 1,9 ton yang terdiri dari berbagai jenis, dan yang terbanyak adalah plastik, dan yang berhasil dipilah untuk diolah lebih dari 200 kilogram.

“Gerakan pemilahan sampah ini sebagai tanggung jawab kita bersama, di manapun” tegas Prima.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung juga turut membantu kebersihan Masjid Al Jabbar.

Kepala DLHK Kota Bandung, Dudy Prayudi menerjunkan tim untuk membersihkan sampah di areal Al Jabbar.

“Meskipun pengelolaaan Al Jabbar kewenangan Pemprov Jabar, tetapi karena ini masalah bersama dan berada di wilayah Kota Bandung, kita terjunkan juga tim dari kita,” ungkapnya. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Humas Pemprov Jabar