/19 Mahasiswa Unpad Ikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2022

19 Mahasiswa Unpad Ikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2022

Sebanyak 19 mahasiswa Universitas Padjadjaran atau Unpad mengikuti program Pertukaran  Merdeka di perguruan tinggi di luar Pulau Jawa, mulai Agustus 2022 sampai Desember 2022.

Nama mahasiswa Unpad peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah sebagai berikut:

1.Adam Ardyansyah (FIB);

2.Astri Citra Tresnasari (FISIP);

3.Cintia Karisma Dewi (FIB);

4.Deti Tri Januarti (FIB);

5.Endang Kurniawan (Fapet);

6.Fadisty Ailsa Putri (Fapet);

7.Fauziah Listiana Putri (FTG);

8.Ifally Pramesia Putri Peachilia (FISIP);

9.Ihkrom Widya Jakti (FEB);

10.Kevin Febrian (FISIP);

11.Najma Zahra Annisa (FIB);

12.Nazhiifah Nawaal Idztihar (Fapsi);

13.Quiny Fabila Tasya (FISIP);

14.Rahadean Karunia Adiningrat (FISIP);

15.Salsa Bila Afifa (FIB);

16.Wafa Wafiah (FIB);

17.Widyaningtyas Muliasari (Fkep);

18.Yusriyyah An Umillah Hanum (FTG);

19.Zahra Sansabil Dwita (FIB).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita melepas secara simbolik para mahasiwa tersebut di Bale Rumawat Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Bandung, Kamis 28 Juli 2022.

Prof. Arief menerangkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini sangat baik, terutama dalam memfasilitasi mahasiswa dalam mengenal berbagai budaya.

Dalam program tersebut, mahasiswa akan ditempatkan di sejumlah perguruan tinggi di luar pulau asal perguruan tingginya. Dalam hal ini, mahasiswa Unpad akan ditempatkan di perguruan tinggi di luar Jawa.

“Karena dengan tahu berbagai macam budaya itu akan menambah khazanah wawasan kita, yang artinya akan membentuk pribadi kita menjadi pribadi yang lebih lengkap,” ucap Prof. Arief seperti dikutip Golali.id dari website Unpad.

Melalui pembelajaran budaya langsung di daerah tujuan, Prof. Arief menilai bahwa hal tersebut dapat membekali mahasiswa dengan berbagai keterampilan yang tidak tergantikan dibandingkan dengan apa yang dipelajari di kampus.

Prof. Arief juga mengatakan, program ini menjadi fasilitas mahasiswa untuk keluar dari zona nyaman. Keberanian ini dibutuhkan agar mahasiswa memiliki daya saing kuat.  Prof. Arief berharap, ke depannya akan semakin banyak mahasiswa Unpad yang mengikuti program serupa untuk meningkatkan kualitas para mahasiswa. (Yatni Setianingsih/Golali.id)

foto : unpad.ac.id