/180 Ribu UMKM Lokal Difasilitasi Shopee untuk Ekspor pada 2021
Kampus UMKM Shopee Jakarta

180 Ribu UMKM Lokal Difasilitasi Shopee untuk Ekspor pada 2021

Shopee melalui Program Ekspor Shopee, telah memfasilitasi lebih dari 180.000 UMKM lokal bisa mengekspor produk ke berbagai negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin. Busana muslim dan produk fesyen menjadi 2 barang yang paling dicari oleh pembeli dari berbagai negara.

“Shopee berkomitmen untuk berkontribusi pada kemajuan Indonesia melalui berbagai inisiatif strategis dengan Pemerintah Pusat dan Daerah. Sejak tahun 2021 kami fokus untuk mengembangkan keterampilan digital masyarakat dan UMKM Indonesia,” tutur Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto dalam rilis yang diterima Golali.id, Kamis 31 Maret 2022.

Untuk UMKM, Shopee menghadirkan Kampus UMKM Shopee Ekspor dan Kampus UMKM Shopee. Telah hadir di Solo, Bandung, Semarang, Jakarta, Jogjakarta, Medan, dan Samarinda.Bangunan fisik ini menawarkan pendampingan dari hulu ke hilir mulai dari edukasi, pemasaran, penyediaan sistem inventori dan pengiriman, hingga pelatihan intensif yang akan diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi secara gratis. Tujuannya, membuat UMKM bisa belajar keterampilan digital dengan mudah dan cepat agar bisa naik kelas.

Sementara dalam bidang pendidikan, Shopee bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jabar, merancang dan memberikan pelatihan Kurikulum Bisnis Ekonomi Digital. Sebanyak 26 ribu siswa SMK di Jawa Barat belajar bisnis menggunakan kurikulum ekonomi digital guna bisa bersaing dan diserap industri kekinian. Siswa yang menjadi target pelatihan tersebar di 27 kabupaten/kota dan telah mulai dilatih pada Januari 2022.

Program Shopee untuk masyarakat

Sedangkan bagi masyarakat umum, Shopee menghadirkan berbagai program yang bertujuan untuk memberikan akses yang lebih baik bagi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, termasuk menghadirkan Akses Air Bersih di Bali dan NTT.

Program ini bekerjasama dengan TNI dari Komando Daerah Militer (Kodam) IX Udayana untuk menyediakan akses ke air bersih bagi 3.500 rumah tangga di Bali dan Nusa Tenggara Timur. Pembangunan pompa air ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan krisis air bersih demi terciptanya kehidupan yang lebih baik di kedua provinsi tersebut.

Baca juga :  Pendaftaran SNMPTN 2022 di Unpad Mulai Dibuka, Begini Ketentuannya

Membantu Jawa Barat Perluas Vaksinasi, memberikan bantuan bagi Pemerintah Provinsi Jabar berupa 100 unit kendaraan vaksinasi COVID-19. Mobil vaksin tersebut akan dipakai Dinas Kesehatan Jabar untuk mempercepat target 37 juta warga Jabar divaksin hingga akhir Desember 2022. Mobil vaksinasi keliling akan menjangkau warga tinggal di daerah terpencil atau sulit akses.

Menghadirkan Shopee Solo Creative and Innovation Hub di Solo Technopark, fasilitas ini akan menjadi wadah bagi komunitas di Kota Surakarta dan sekitarnya untuk bahu-membahu menemukan solusi agar mampu beradaptasi hingga menjadi wadah penciptaan generasi pelaku usaha muda dalam mengembangkan usahanya. (*/Golali.id)

Foto : Shopee Indonesia