/14,6 Juta Pekerja di Indonesia Dapat BSU

14,6 Juta Pekerja di Indonesia Dapat BSU

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp600.000, BLT BBM, dan bantuan presiden berupa modal kerja untuk para pekerja di Kota Bandung sebesar Rp1,2 juta.

Jokowi menyerahkan secara simbolis kepada para penerima manfaat di Kantor Pos Kota Bandung Jalan Asia Afrika, Kamis 13 Oktober 2022.

“Tadi kita memberikan BSU untuk para pekerja di Kota Bandung, dan BLT BBM, juga bantuan presiden untuk penerima manfaat. Dari 14,6 juta BSU, sudah 8,4 juta yang diberikan kepada para pekerja di seluruh tanah air,” ujar Jokowi.

Hal serupa juga disampaikan Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah. Ia mengatakan, penyaluran BSU telah memasuki tahap kelima dan sudah salurkan kepada 8.432.533 orang.

“Kalau dipersentase 65,66 persen. Untuk Provinsi Jabar, calon penerimanya ada 1.626.319 orang. Sampai tahap kelima tersalur kepada 1.135.248 orang atau setara 69,80 persen,” papar Ida.

Menurutnya, secara keseluruhan jumlah penerima BSU di Jabar lebih banyak dibanding rata-rata nasional. Sisanya tetap terus disalurkan.

“Dari tahap 1-5, penerimanya adalah yang sudah miliki nomor rekening (norek) Himbara. Sebab, rata-rata yang belum menerima BSU ya karena tidak punya norek di Himbara,” ungkapnya.

Lewat PT Pos Indonesia

Ia menuturkan, pemerintah akan menyalurkan BSU melalui PT Pos Indonesia mulai minggu depan. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses penyaluran.

“Karena kalau menunggu mereka buka nomor rekening Himbara butuh waktu dan sampai akhir tahun tak tersalurkan. Sehingga kami putuskan untuk menyalurkan melalui PT Pos,” jelasnya.

Biaya pengiriman penyaluran ini tidak menggunakan uang BPJS, semua ditanggung pemerintah. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir jumlah Rp600.000 yang diterima akan berkurang.

“Sebelum akhir tahun sudah selesai, apalagi kami percepat dengan lewat PT. Pos,” katanya.  (Humas Pemkot Bandung/Golali.id)

Foto : Humas Pemprov Jabar

TAGS: