/1.500 Produk Santri Ikuti Kompetisi dari Shopee Barokah

1.500 Produk Santri Ikuti Kompetisi dari Shopee Barokah

Program Dari Pesantren untuk Pesantren dari Shopee Barokah telah dimulai pada Januari 2023. Program ini diawali dengan pelatihan bisnis digital bagi 1.000 Santri di berbagai daerah untuk mendukung para santri agar bisa semakin berdaya dan menjadi pelaku UMKM yang terampil digital.

Saat ini program ini memasuki tahap kedua yakni kompetisi usaha. Pengumuman kompetisi akan berlangsung pada bulan Maret mendatang setelah periode kompetisi ditutup.

Periode kompetisi ini berlangsung sejak 6 Februari 2023 hingga 6 Maret 2023. Para peserta kompetisi juga sebelumnya telah mengikuti pelatihan bisnis digital yang diberikan oleh Shopee di sejumlah pondok pesantren, Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo, dan juga secara online.

Lebih dari 1.500 produk karya Santri mengikuti kompetisi usaha. Pemenang kompetisi akan mendapatkan modal usaha dan juga paket umroh.

Beberapa produk di antaranya adalah kitab pesantren, souvenir, madu, songkok atau peci, aksesori, makanan dari olahan hasil bumi, dan masih banyak lagi.

Mengutip siaran pers yang diterima Golali.id, Direktur Shopee Barokah, Bukhori Muslim menjelaskan bahwa Shopee Barokah ingin mencetak wirausahawan (Santripreneur) unggulan yang melek digital, sehingga bisnis santri dapat bertumbuh dengan pasar yang lebih luas.

Dalam kompetisi ini, santri ditantang mempromosikan usahanya secara optimal dari berbagai aspek sebagai kriteria penilaian. Produk yang dijual juga harus memerhatikan kualitas dan sesuai kaidah Islam dan memiliki kemasan yang menarik.

“Kompetisi yang didukung dengan wadah pemasaran Produk Santri ini sangat bagus sekali. Masyarakat luas jadi mengetahui langsung kalau para santri juga punya produk yang berkualitas. Saya jadi tambah bersemangat untuk mempelajari strategi marketing bersama Shopee Barokah,” kata salah satu peserta Santri dari Pondok Pesantren Sunan Drajat, Aditia Mucharom.

(Yatni Setianingsih/Golali.id)

Foto : Shopee  

TAGS: